Sinkronisasi dan Validasi Kurikulum SMK Negeri 2 KRAKSAAN TP. 2016/2017

Berdasarkan pertimbangan bahwa lulusan SMK utamanya harus memiliki kompetensi untuk melaksanakan pekerjaan tertentu, dapat mengembangkan dirinya baik secara vertikal maupun horizontal, dan memiliki kecakapan untuk menjalani kehidupannya secara baik, maka substansi atau isi Kurikulum SMK dipilih dan dikemas dengan pendekatan berbasis kompetensi (competency-based curriculum), pendekatan berbasis luas dan mendasar (broad-based curriculum), dan pendekatan pengembangan kecakapan hidup (life skills).

Pendekatan berbasis kompetensi terutama dimaksudkan, agar kurikulum yang dipergunakan berisi materi pemelajaran yang benar-benar dibutuhkan untuk mencapai penguasaan kompetensi sebagaimana dipersyaratkan dunia kerja.

Untuk mewujudkan hal tersebut maka kurikulum yang dipakai di dalam proses pemelajaran haruslah sinkron dan sesuai dengan kompetensi-kompetensi yang dipersyaratkan sekaligus tervalidasi oleh Dunia Kerja.

Hari Sabtu (22/10/2016) dilakukan kegiatan Sinkronisasi dan Validasi Kurikulum SMK Negeri 2 KRAKSAAN TP. 2016/2017 bersama dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI).

Bertempat di ruang pertemuan SMK Negeri 2 Kraksaan, kegiatan tersebut dihadiri oleh tim pengembang kurikulum SMK Negeri 2 Kraksaan, guru bidang studi, perwakilan DU/DI dari setiap jurusan. Dari Hasil kegiatan tersebut telah dihasilkan sebuah kurikulum yang telah tervalidasi dimana didalamnya telah termuat kebutuhan dunia usaha dunia industri (DU/DI).

Leave a reply

Your email address will not be published. Fields marked * are mandatory.

Masukkan 6 kode diatas)