header-int

Informasi PPDB 2020/2021 SMK Negeri 2 Kraksaan

Kamis, 30 Apr 2020, 09:40:00 WIB - 13916 View
Share
Informasi PPDB 2020/2021 SMK Negeri 2 Kraksaan

A. Pagu Penerimaan PPDB TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

1. DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN : 2 Kelas
2. TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF / Pintar Bersama Daihatsu : 3 Kelas
3. TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR / Honda Class  : 3 Kelas
4. TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI : 4 Kelas
5. REKAYASA PERANGKAT LUNAK : 3 Kelas
6. TATA BUSANA : 2 Kelas
7. TEKNIK PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK / PJB Class : 1 Kelas  

B. SYARAT UMUM

1. Telah lulus SMP/Sederajat, memiliki Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) dan Nilai Rapor Semester 1 (satu) sampai dengan Semester 5 (lima) dari sekolah untuk lulusan pada tahun pelajaran
2019/2020 atau sebelumnya.
2. Berusia paling tinggi 21 tahun pada saat awal tahun pelajaran  2020/2021 (tanggal 13 Juli 2020).
3. Tidak sedang terlibat dalam tindak pidana dan penyalahgunaan narkoba.
4. Tidak bertato dan/atau bertindik.
5. Memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan spesifik bidang/program keahlian di sekolah yang dituju.
6. Pembentukan kelas industri dapat dilakukan setelah pelaksanaan PPDB dan dilakukan di sekolah masing - masing dan tidak diperkenankan untuk menambah pagu.
7. Calon peserta didik tidak boleh buta warna.

C. TAHAPAN PENDAFTARAN

A. Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah pada SMP/Sederajat mengisikan nilai rapor untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Bahasa Inggris pada
kompetensi pengetahuan (KI-3) saja dari semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) secara online melalui aplikasi PPDB mulai 27 April 2020 sampai dengan 9 Mei 2020 melalui situs rapor.ppdbjatim.net
B. Calon Peserta Didik memverifikasi nilai rapor yang telah diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah pada SMP/Sederajat secara online melalui aplikasi PPDB mulai 11 Mei 2020 sampai dengan 12 Juni 2020 melalui situs ppdbjatim.net
C. Pembetulan nilai rapor (bagi calon peserta didik yang terdapat kesalahan entry) dilakukan oleh Kepala sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah secara online melalui aplikasi PPDB mulai 11 Mei 2020 sampai dengan 12 Juni 2020 melalui situs rapor.ppdbjatim.net
D. Calon peserta didik melakukan PRA PENDAFTARAN SECARA ONLINE untuk mendapatkan PIN (Personal Identification Number) yang dipergunakan untuk melakukan pendaftaran Online.
E. Penentuan titik rumah menggunakan aplikasi Geolokasi dilakukan oleh calon peserta didik dan di verifikasi oleh operator sekolah tujuan dimulai tanggal 8 Juni 2020 s.d. 20 Juni 2020.
F. Pendaftaran Jalur Afirmasi, Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua, dan Jalur Prestasi Hasil Perlombaan dan/atau Penghargaan.
      1. Pendaftaran dilaksanakan tanggal 15 s.d. 16 Juni 2020
      2. Verifikasi dan validasi tanggal 16 s.d. 18 Juni 2020
      3. Pengumuman tanggal 19 Juni 2020
      4. Daftar Ulang tanggal 19 Juni s.d. 20 Juni 2020
G. Pendaftaran Jalur Prestasi Gabungan rerata nilai rapor dan rerata nilai ujian nasional sekolah tahun 2019 dan Jalur Reguler bagi SMK
      1. Pendaftaran dilaksanakan tanggal 25 s.d. 27 Juni 2020
      2. Pengumuman tanggal 28 Juni 2020
      3. Daftar Ulang tanggal 29 s.d. 30 Juni 2020

D. TATA CARA PENGAMBILAN PIN

A. Login ke situs ppdbjatim.net dengan menggunakan NISN dan Nomor Peserta Ujian Nasional.
B. Siswa melakukan Verifikasi Nilai Rapor semester 1 sampai semester 5
C. Mengisi data dan mengunggah Kartu Keluarga (KK) dan/atau Surat Keterangan Domisili.
D. Mengunggah Ijazah atau Surat Keterangan Kelulusan yang dikeluarkan oleh sekolah asal.
E. Khusus jenjang SMK yang dengan persyaratan tertentu, calon peserta didik mengunggah Surat Keterangan tidak buta warna dan/atau tinggi badan.
F. Mengunduh PIN beserta informasi Nilai Akhir dan 5 sekolah terdekat.

E. TATA CARA PENDAFTARAN UNTUK CALON PESERTA DIDIK

A. JALUR AFIRMASI
1. Login ke situs ppdbjatim.net dengan menggunakan PIN dan Nomor Peserta Ujian Nasional.
2. Memilih 1 (satu) sekolah yang dituju.
3. Mengunggah bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah berupa Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Bantuan Pangan Non Tunai (KBPNT) dan/atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).
4. Mengunduh bukti pendaftaran.

B. JALUR PERPINDAHAN TUGAS ORANG TUA
1. Login ke situs ppdbjatim.net dengan menggunakan PIN dan Nomor Peserta Ujian Nasional.
2. Memilih 1 (satu) sekolah yang dituju.
3. Mengunggah SK mutasi/perpindahan tugas orang tua yang diterbitkan oleh instansi yang bersangkutan.
4. Khusus anak guru atau tenaga kependidikan SMA/SMK mengunggah Surat Penugasan orang tua sebagai Guru atau Tenaga Kependidikan dari Kepala Sekolah SMA/SMK.
5. Mengunduh bukti pendaftaran.

C. JALUR PRESTASI HASIL PERLOMBAAN DAN/ATAU PENGHARGAAN
1. Login ke situs ppdbjatim.net dengan menggunakan PIN dan Nomor Peserta Ujian Nasional.
2. Memilih 1 (satu) sekolah yang dituju.
3. Mengisi data prestasi dan mengunggah bukti dokumen prestasi.
4. Mengunduh bukti pendaftaran.

D. DAN JALUR REGULER (SMK)
1. Login ke situs ppdbjatim.net dengan menggunakan PIN dan Nomor Peserta Ujian Nasional.
2. Untuk SMK memilih 2 (dua) Kompetensi Keahlian pada 1 (satu) sekolah atau sekolah yang berbeda.
3. Mengunduh bukti pendaftaran.

F. PEMILIHAN SEKOLAH TUJUAN
A. Pemilihan sekolah tujuan:
1. Calon peserta didik harus sudah memiliki PIN, selanjutnya calon peserta didik melaksanakan pendaftaran dengan membuka Website PPDB di alamat ppdbjatim.net
2. Calon peserta didik hanya diizinkan mendaftar sekali, dan setelah terdaftar tidak dapat dicabut kembali.
B. Calon peserta didik harus menentukan pilihan sebagai berikut:
1. Pendaftaran melalui mekanisme online (daring) untuk jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua, dan jalur prestasi hasil perlombaan dan/atau penghargaan, hanya dapat memilih 1 (satu) sekolah yang dituju.
2. Pendaftaran melalui mekanisme online (daring) untuk jalur regular pada SMK dapat memilih paling banyak 2 (dua) Kompetensi Keahlian dalam 1 (satu) sekolah atau 2 (dua) sekolah yang berbeda.
C. Sistem penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2020/2021 harus sesuai dengan petunjuk teknis yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

G. WAKTU PELAKSANAAN

NO KEGIATAN TANGGAL PUKUL KET.
1 Entry Nilai Rapor Oleh Kepala Sekolah SMP 27 April - 9 Mei 2020 24 Jam online
2 Verifikasi Nilai Rapor Oleh peserta didik 11 Mei - 12 Juni 2020 24 Jam online
3 Pembetulan Nilai 11 Mei - 12 Juni 2020 24 Jam online
Rapor oleh Kepala Sekolah SMP
4 Pengambilan PIN 8 Juni - 20 Juni 2020 24 Jam online
5 JALUR AFIRMASI, JALUR PERPINDAHAN TUGAS ORANG TUA, DAN JALUR
PRESTASI HASIL PERLOMBAAN DAN/ATAU PENGHARGAAN
  Pendaftaran 15 - 16Juni 2020 24 Jam online
Verifikasi dan Validasi Panitia SMK 16 - 18Juni 2020 24 Jam online
Pengumuman 19Juni2020 01.00 WIB online
Daftar Ulang 19Juni - 20Juni2020 01.00-23.59 WIB online
6 JALUR REGULER (SMK)
  Pendaftaran 25 - 27Juni 2020 24 Jam online
Penutupan 27Juni2020 23.59 WIB online
Pengumuman 28Juni2020 01.00 WIB online
Daftar Ulang 29 -30Juni2020 01.00-23.59 WIB online

Untuk Juknis PPDB Bisa download di sini

Unidha SMKN 2 Kraksaan | Jl Diponegoro No 05 Kraksaan - Probolinggo | Telp / Fax : 0335 - 846407 | Email : smkn2kraksaan@gmail.com
© 2020 SMKN 2 KRAKSAAN By Desain : Sofian Zakaria Follow SMKN 2 KRAKSAAN : Facebook Twitter Linked Youtube