Teknik Pembangkit Tenaga Listrik

Listrik adalah sarana yang vital bagi bangsa ini, karena roda kehidupan dan  perekonomian sangat bergantung pada ketersediaan energy listrik. Untuk mengatasi permasalahan ini, Presiden Jokowi menargetkan dalam 5 tahun kepemimpinannya, Negara bisa membangun pembangkit listrik 35,000 MW. Ini sebuah angka yang sangat spektakuler mengingat pada era pemerintahan sebelumnya yang menargetkan kapasitas listrik terpasang 10,000 MW tidak tercapai.

Implementasi Pendidikan Kejuruan “Link And Match” pembangkitan  Kerjasama  Dinas Pendidikan Prov. Jawa Timur, PT. Pembangkit Jawa Bali (PJB) Dengan 11 Smk Program Keahlian Pembangkit Listrik  Di Jawa Timur, merupakan bentuk kerjasama take and give, bagian dari kebutuhan bangsa yang direspon baik sekali oleh tiga pihak, untuk merealisasikan gagasan pendidikan sistem ganda, antara sistem yang berlaku di industri dan sistem yang berlaku di negara yang direpresentasikan dan termaktub dalam Kurikulum Nasional yang dibuat oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.  
Dalam pelaksanaannya SMK Jatim mengadakan singkronisasi kurikulum dengan PT. Pembangkitan Jawa Bali dan dikelompokkan Ada 4 kebutuhan sub bidang pembangkitan yaitu : Bidang Mesin, Bidang Listrik, Bidang Instrumen, Bidang Kimia Pembangkitan.

SMK Negeri 2 Kraksaan membuka jurusan PJB Class dengan paket keahlian Teknik Pembangkit Tenaga Listrik konsentrasi Teknik Instrumentasi Pembangkitan.
Lampiran foto :
1.    Launching PJB Class oleh ibu Bupati Hj P. Tantri Hasan Aminuddin, SE dan Bpk. H.Drs. Hasan Aminuddin Anggota DPR RI Komisi VIII


2.    Pertemuan Wali Murid dan Pembentukan Paguyuban PJB Class


3.    Kunjungan Industri Siswa dan Guru PJB Class ke Unit Pembangkit 1-2 Paiton


4.    Kunjungan Industri Siswa dan Guru PJB Class ke Unit Pembangkit Gresik


5.    Kunjungan Industri Siswa dan Guru PJB Class ke TDC (Training Development Center) PT. PJB Services Sidoarjo


6.    Guru tamu tentang savety briefing dan K3 oleh Bpk Supriyanto dari PT PJB Services


7.    Guru tamu tentang savety briefing dan K3 oleh Bpk Moh. Syaiful Anwar dari PT PJB Surabaya


8.    Kunjungan Study banding dari Kabupaten Cilacap (SMKN 2 Cilacap, SMK Al Munawaroh, Dinas Pendidikan, dan S2KP)